Minggu, 03 Februari 2019

Mengenal Pengertian Dari Bahasa Pemrograman Java

1.Pengertian Object

Object adalah instance dari class secara umum merepresentasikan (template) sebuah object, sebuah instance adalah representasi nyata dari class itu sendiri.


2.Pengertian Class

Class merupakan suatu blueprint atau cetakan untuk menciptakan suatu instant dari object. class juga merupakan grup suatu object dengan kemiripan attributes/properties, behaviour dan relasi ke object lain. Contoh : Class Person, Vehicle, Tree, Fruit dan lain-lain.


3.Pengertian Method

Method adalah sarana bagi programmer untuk memodularisasi, artinya membreak atau memecah program kompleks menjadi bagian yang kecil-kecil sehingga nantinya dapat digunakan berulang-ulang, daripada menulis beberapa baris kode yang sama.

4.Pengertian Variabel

Variabel adalah suatu tempat untuk menampung data yang nilainya selalu berubah. Sedangkan, Konstanta adalah suatu tempat untuk menampung data yang nilainya selalu tetap dan tidak pernah berubah. Variabel digunakan sebagai tempat penyimpanan data sementara.

5.Pengertian Atribut

Attribute merupakan nilai data yang terdapat pada suatu object yang berasal dari class. Attribute merepresentasikan karakteristik dari suatu object.
Contoh : pada Class Buah  terdapat attribute : warna, rasa  . Pada object mangga :
warna berisi kuning dan rasa asam,  pada object apel : warna berisi merah dan rasa manis

6.Pengertian Inheritance

Pengertian Inheritance (Pewarisan) Inheritance atau Pewarisan/Penurunan adalah konsep pemrograman dimana sebuah class dapat 'menurunkan' property dan method yang dimilikinya kepada class lain. Konsep inheritance digunakan untuk memanfaatkan fitur 'code reuse' untuk menghindari duplikasi kode program.

7.Pengertian Polymorfisme

Polymorfisme merupakan salah satu konsep penting dalam object oriented programming (OOP) khususnya di bahasa pemrograman Java setelah abstraction dan inheritance. Polymorfisme berarti banyak bentuk. ... Sedangkan apa yang dimaksud dengan polymorfisme sendiri, sebenarnya sulit untuk didefinisikan.

8.Pengertian Protorype

Prototype adalah sebuah Javascript Framework yang dibuat untuk lebih memudahkan proses dalam membangun aplikasi berbasis web. Jenis II : Suatu model yang dapat dibuang yang berfungsi sebagai cetak biru bagi sistem operasional.



Sekian Dan Terimakasih Semoga Membantu


Selamat Datang Di Blog Saya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SETTING BIOS

CARA MELAKUKAN SETTING BIOS Artikel ini menjawab pertanyaan : Cara konfigurasi atau setting BIOS, Pengaturan konfigurasi BIOS Sebe...